HashOcean
Home » » KOMPONEN STRUKTUR SISTEM PAKAR

KOMPONEN STRUKTUR SISTEM PAKAR

Written By Akkew on Saturday | 13:37

1. Antarmuka Pengguna (User Interface)
 Merupakan mekanisme yang digunakan oleh pengguna dan sistem pakar untuk berkomunikasi.
2. Basis Pengetahuan
 Basis pengetahuan mengandung pengetahuan untuk pemahaman, formulasi, dan penyelesaian masalah.
 Komponen sistem pakar ini disusun atas 2 elemen dasar, yaitu : - fakta : informasi tentang obyek dalam area permasalahan tertentu
 - aturan : informasi tentang cara bagaimana memperoleh fakta baru dari fakta yang telah diketahui.
KOMPONEN STRUKTUR SISTEM PAKAR

2. Akuisisi Pengetahuan (Knowledge Acquisition)
Akuisisi pengetahuan adalah akumulasi,transfer, dan transformasi keahlian dalam menyelesaikan masalah dari sumber pengetahuan ke dalam program komputer.
3. Mesin/Motor Inferensi (inference engine)
Komponen ini mengandung mekanisme pola pikir dan penalaran yang digunakan oleh pakar dalam menyelesaikan suatu masalah.
4. Workplace / Blackboard
Workplace merupakan area dari sekumpulan memori kerja (working memory), digunakan untuk merekam kejadian yang sedang berlangsung termasuk keputusan sementara.
5. Fasilitas Penjelasan
Adalah komponen tambahan yang akan meningkatkan kemampuan sistem pakar.
 6. Perbaikan Pengetahuan
Pakar memiliki kemampuan untuk menganalisis dan meningkatkan kinerjanya serta kemampuan untuk belajar dari kinerjanya.
Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2015. GENESYS - All Rights Reserved
Powered by Hollosys