HashOcean
Home » » SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR [PDF]

SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR [PDF]

Written By Akkew on Sunday | 06:00

SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN BAWANG MERAH MENGGUNAKAN CERTAINTY FACTOR [PDF]

Bawang merah merupakan salah satu sayuran umbi yang penting bagi indonesia. Kebutuhan bawang merah di Brebes setiap tahun terus meningkat. Namun beberapa tahun ini penghasilan tanaman bawang merah terus menurun. Para petani bawang merah merasa resah dengan kejadian ini. Demikian juga dengan para petani tanaman bawang merah yang berada di Kecamatan Banjarharjo tempat penelitian yang saya lakukan, para petani mengalami berbagai permasalahan, mulai dari gejala, penyebab, hama dan penyakit hingga penanganannya terhadap hama dan penyakit yang ada. Menurut Kepala BPP (Badan Pelaksana Penyuluhan) Banjarharjo dan Ketua Badan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Brebes, para petani yang mengeluhkan banyaknya hama dan penyakit yang menyerang tanaman bawang merah, sehingga para penyuluh merasa kesulitan dalam memberikan penyuluhan kepada para petani karena kurangnya pakar dalam mengatasi solusi terbaik dari permasalahan tersebut. Untuk itu diperlukan pendiagnosaan terhadap hama dan penyakit pada tanaman bawang merah. Tujuan penelitian ini adalah dihasilkannya perangkat lunak yang dapat mendiagnosa hama maupun penyakit yang di alami tanaman bawang merah.
Subjek dalam penelitian ini adalah sistem pakar untuk mendiagnosa hama dan penyakit tanaman bawang merah menggunakan certainty factor. Penelusuran faktanya menggunakan forward chaining yaitu penelusuran yang dimulai dari fakta-fakta untuk menguji kebenaran hipotesis. Langkah perancangan sistemnya antara lain merancang kebutuhan sistem, basis pengetahuan, pelacakan solusi, basis data, entity relational diagram, mapping table, database, menu, masukan, proses, keluaran, pengkodean, perancangan sistem kemudian membuat implementasi dan pengujian sistem dengan black box test dan alfa test.
Hasil penelitian ini berupa aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Bawang Merah Menggunakan Certainty Factor yang dapat menentukan hama dan penyakit pada tanaman bawang merah sebanyak 6 jenis hama dan 16 jenis penyakit beserta gejala, penyebab, solusi serta nilai kepastian dari hama dan penyakit yang di derita. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi layak dan dapat digunakan. Kata Kunci: Sistem Pakar, Tanaman Bawang Merah, Certainty Factor

Share this article :

0 komentar:

 
Copyright © 2015. GENESYS - All Rights Reserved
Powered by Hollosys